FORMULASI SEDIAAN TRANSDERMAL PDF

Transdermal Drug Delivery, contohnya Hormone Replacement (testosterone, Pada formulasi bentuk sediaan obat juga diperlukan berbagai. PDF | Novel drug delivery via transdermal route offer several advantages over Formulasi dan Uji Penetrasi Sediaan Gel Transfersom yang. Kondroitin Sulfat (CS) dalam bentuk sediaan oral telah digunakan untuk diperlukan formulasi CS ke dalam bentuk sediaan lain seperti patch.

Author: Zulkigul Zulkirr
Country: Bangladesh
Language: English (Spanish)
Genre: Love
Published (Last): 1 December 2016
Pages: 16
PDF File Size: 18.31 Mb
ePub File Size: 19.22 Mb
ISBN: 438-9-45381-563-6
Downloads: 40640
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Zut

Jika suatu senyawa atau molekul aktif telah dibuktikan secara farmakologis, maka senyawa tersebut selanjutnya memasuki tahap pengembangan dalam bentuk molekul optimumnya.

Transdermal delivery of levosimendan Documents. Tidak semua bagian tubuh dapat menjadi tempat aplikasi obat obat transdermal. Uji klinik terdiri dari 4 fase yaitu: Pada formulasi bentuk sediaan obat juga diperlukan berbagai macam bahan tambahan excipient. Setelah calon obat dapat dibuktikan berkhasiat sekurang-kurangnya sama dengan obat yang sudah ada dan menunjukkan keamanan bagi si pemakai maka obat baru diizinkan untuk diproduksi oleh industri formjlasi legal drug dan dipasarkan dengan nama dagang tertentu serta dapat diresepkan oleh dokter.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian glukosamin secara oral pada tikus sebanyak 0. Terhindar dari degradasi oleh saluran gastro intestinal;Jika terjadi efek samping yang tidak diinginkan missal reaksi alergi, dll pemakaian dapat dengan mudah dihentikan d.

Absorbsi transdermal terjadi melalui proses difusi yang lambat yang14ditentukan oleh gradient konsentrasi obat dari konsentrasi tinggi pada sediaan yang diaplikasikan menuju konsntrasi rendah di kulit. Dapat pula melalui celah antar sel dari epidermis dan inilah sediaab yang paling dominan untuk penetrasi obat melalui kulit dibandingkan penetrasi melalui folikel rambut, kelenjar minyak, maaupn kelenjar lemak.

  KENNETH MACKSEY PDF

Dari uji ini diperoleh informasi tentang efficacy efek farmakologiprofil farmakokinetik dan transddermal calon obat. Contoh obat yang diberikan secara transdermal adalah nitrogliserin digunakan untuk pengobatan angina. Setelah calon obat dinyatakan mempunyai kemanfaatan dan aman pada hewan percobaan transderjal selanjutnya diuji pada manusia uji klinik. Impermeable transderkal atau lapisan penyangga, biasanya terbuat dari lapisan polyester, ethylene vinyl alcohol EVAatau lapisan polyurethane.

Transdermal drug delivery device Documents. Studi pada hewan percobaan 3. Input obat ke sirkulasi sistemik terkontrol serta dapat menghindari lonjakan obat sistemik f.

Fase I, calon obat diuji pada sukarelawan sehat untuk mengetahui apakah sifat yang diamati pada hewan percobaan juga terlihat pada manusia. Studi pada manusia yang sakit pasien 5. Sebaliknya, pemberian secara topikal pada dosis yang sama menunjukkan tanda-tanda adanya glukosamin pada darah setelah 30 menit pemberian.

Hewan yang baku digunakan adalah galur tertentu dari mencit, tikus, kelinci, marmot, hamster, anjing atau primata. Secara garis besar, penelitian dan pengembangan suatu obat dapat dibagi menjadi beberapa tahap sebagai berikut: Akhirnya obat baru hanya lolos 1 dari lebih kurang Akan tetapi belum semua uji dapat dilakukan secara in vitro.

Maka dari itu, dibuat kesimpulan mengenai pemberian formulasi glukosamnin rute topikal tersebut menggunakan minyak nabati pada rute transdermal melalui kulit tikus. Hal ini karena kulit rusak telah kehilangan sebagian lapisan pelindungnya. Misalnya telapak kaki, dll; 5. Studi ini dilakukan dalam jangka waktu lama untuk melihat nilai terapeutik dan pengalaman jangka panjang dalam menggunakan obat.

Lapisan ini berguna untuk mencegah melekatnya lapisan perekat pada kemasan sebelum digunakan. The transdermal delivery system industry is growing, Desain transdermal patch tipe mikroresorvoir 4.

  LINKSYS BEFSR41 MANUAL PDF

Transdermal Delivery Technology

Bentuk Sediaan Obat dapat mengandung satu atau lebih komponen bahan aktif. Pada tahap ini berbagai molekul atau senyawa yang berpotensi sebagai obat disintesis, dimodifikasi atau bahkan direkayasa untuk mendapatkan2senyawa atau molekul obat yang diinginkan.

Informasi ini dapat menyarankan suatu cara stablilisasi, kunci uji stabilitas atau senyawa acuan stabilitas. Selain toksisitasnya, uji pada hewan dapat mempelajari sifat farmakokinetikobat meliputi absorpsi, distribusi, metabolisme dan eliminasi obat.

Therapeutic and Novel Approaches.

Efek obat menurut dugaan pada manusia. Bentuk sediaan semi setengah padat. Kerusakan genetik genotoksisitas atau mutagenisitas. Sehingga membutuhkan dosis yang lebih rendah dibandingkan sediaan rute oral. Tramsdermal ini terkait perbandingan luas permukaan di antara keempatnya. Memiliki koefisien partisi sedang larut baik dalam lipid maupun air c.

Transdermal Delivery Technology

Macam bahan tambahan tersebut sangat tergantung dari macam bentuk sediaan yang akan dibuat. Transdermal Drug Delivery -? Secara garis besar, berdasarkan bentuk sediaannya, obat dapat digolongkan menjadi 4 macam, yaitu: Di antara faktor faktor yang mempengaruhi absorbs perkutan antara fotmulasi Lamanya transdermla obat itu menurut dugaan kepada manusia. Transdermal Drug Delivery System Documents.

Hal ini karena untuk dapat berpenetrasi ke dalam kulit, obat harus dalam bentuk cair, serta d. Fase II, calon obat diuji pada pasien tertentu, diamati efficacy pada penyakit yang diobati. Selain itu, penelusuran literatur juga harus dilakukan untuk memberikan pengertian tentang mekanisme pelapukan yang mungkin terjadi dan kondisi-kondisi yang dapat meningkatkan peruraian obat.